Senin, 19 Mei 2014

GANGGUAN ATAU MASALAH KEBUTUHAN OKSIGENISASI



          Kebutuhan oksigenisasi adalah salah satu kebutuhan dasar pada manusia, yaitu kebutuhan psikologis. Pemenuhan kebutuhan oksigenisasi ini di tujukan untuk menjaga kelangsungan metabolisme sel tubuh, mempertahankan hidupnya dan melakukan aktifitas bagi berbagai organ atau sel. 
Gangguan / Masalah Kebutuhan Oksigenasi
1.      Hipoksia
Hipoksia merupakan kondisi tidak tercukupinya pemenuhan kebutuhan oksigen dalam tubuh akibat defisiensi oksigen atau peningkatan penggunaan oksigen ditingkat sel, sehingga dapat memunculkan tanda seperti kulit kebiruan (sianosis). Secara umum, terjadinya hifoksia ini disebabkan oleh menurunnya kadar Hb, menurunya difusi O2 dari alveoli ke dalam darah, menurunnya perfusi jaringan atau gangguan fertilasi yang dapat menurunkan konsentrasi oksigen.
2.      Perubahan pola pernafasan
a.      Tapik nea
Merupakan pernafasan dnegan rekuensi lebih dari 24kali/menit.
b.      Bradipnea
Merupakan pola pernafasan yang lambat abnormal, kurang lebih 10kali/menit.
c.       Hiperventilasi
Merupakan cara tubuh mengkomvensasi metabolisme tubuh yang terlampau tinggi dengan pernafasan lebih cepat dan dalam sehingga terjadi peningkatan jumlah oksigen dalam paru-paru.
d.      Kussmaul
Merupakan pola pernfasan cepat dan dangkal yang dapat ditemukan pada orang dalam keadaan asidosis ketabolik.
e.       Hipoventilasi
Merupakan upaya tubuh untuk mengeluarkan karbondioksida dengan cukup pada ventilasi alveolar, serta tidak cukupnya jumlah udara yang memasuki alveoli dalam penggunaan oksigen
f.       Dispnea
Merupakan sesak dan berat saat pernafasan. Hal ini dapat disebabkan oleh perubahan kadar gas dalam darah/jaringan, kerja berat/berlebihan dan pengaruh psikisis.
g.      Ortopnea
Merupakan kesulitan bernafas keuali dalam posisi duduk/berdiri dan pola ini sering ditemukan pada seseorang yang mengalami kongesti paru-paru.
h.      Cheyne Stokss
Merupaka siklus penafasan yang amplitudonya mula-mula naik kemudian menurun dan berhenti, lalu pernafasan dimulai lagi dari siklus baru. Periode apnea berulang secara teratur.
i.        Pernafasan Paradoksial
Merupakan pernafasan dimana didinding paru-paru bergerak berlawanan arah dari keadaan normal.
j.        Biot
Merupakan pernafasan dengan irama yang mirip dengan cheyne strokss, akan tetapinamplitudonya tidak teratur.
k.      Stridor
Merupakan pernafasan bissing yang terjadi karena penyempitan pada saluran pernafasan

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates